cookieChoices = {}; Berwisata Sambil Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta ~ TRAVELESGO ! Info dan Tips Menarik Seputar Wisata Domestik dan Mancanegara

About

Travelesgo adalah blog info mengenai wisata domestik dan mancanegara. Travelesgo, Travelling Kemana Saja, Kapan Saja, Lesgo !

Berwisata Sambil Mengenal Sejarah Kelautan di Museum Bahari Jakarta


Jakarta merupakan kota yang terbesar di Indonesia, kota yang satu ini juga bertindak sebagai ibukota dan pusat pemerintahan dari Indonesia. Jakarta sendiri lokasinya berada di pesisir pantai utara (pantura) dari Pulau Jawa yang juga memiliki sejarah yang panjang sebagai kota maritim yang ada di Pulau Jawa. Jakarta yang pada jaman dahulu pernah disebut sebagai Sunda Kelapa dan Batavia ini dulunya merupakan sebuah kota pelabuhan yang ramai disinggahi oleh kapal asing.
Bagi Anda yang tertarik dengan wisata sejarah maka Anda bisa mengunjungi Museum Bahari yang ada di Jakarta di mana di sini Anda bisa berwisata sambil mengenal sejarah Kelautan yang ada di Indonesia. Museum Bahari ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan, memelihara, serta merawat berbagai benda bersejarah yang memiliki kaitan dengan bahari. Museum yang satu ini memiliki berbagai koleksi berbagai macam benda yang masih berkaitan dengan kelautan dari seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai dengan Merauke sehingga tentunya akan sangat tepat sebagai wisata sejarah bagi Anda dan keluarga.



Sejarah Kelautan

Museum Bahari menempati sebuah bangunan yang sudah tua namun masih tetap kokoh berdiri, bangunan ini dibangun pada tahun 1652 oleh pemerintahan Kolonial Hindia Belanda. Bangunan ini memiliki tiga lantai dan lokasinya berada di Jalan Pasar Ikan Jakarta Utara yang menghadap ke Teluk Jakarta. Di sini Anda akan menyaksikan sebuah menara yang letaknya berada di sebelah kanan dan tidak jauh dari gedung induk yang dikenal dengan sebutan Meara Syehbandar.

Bangunan Yang Kokoh

Museum Bahari didesain dengan memiliki tiga lantai yang dibangun dengan kokoh sehingga bertujuan agar mampu bertahan lama menghadapi hantaman badai laut tropis yang terkenal keganasannya. Selain itu tembok yang berada di sekeliling gudang juga sangatlah tebal, ditambah lagi dengan adanya tiang tiang sebagai penyangga langit langitnya yang juga didesain kokoh dengan menggunakan kayu ulin berukuran besar sehingga tahan terhadap rayap dan dapat bertahan lama.

Gudang di Kawasan Museum

Jika Anda mengunjungi Museum Bahari di Jakarta maka Anda akan dapat menemukan beberapa gudang yang masih berada di dalam kawasan Museum Bahari. Jika Anda mengamati dengan seksama maka Anda akan menemukan bahwa beberapa gudang tersebut telah mengalami perubahan pada pintu masuknya yang dahulu pada masa pendudukan Jepang, gudang ini berfungsi sebagai tempat logistik. Kemudian setelah era kemerdekaan gudang ini dialih fungsikan sebagai gudang PLN.

Koleksi Museum Bahari

Di Museum Bahari Jakarta ini, Anda akan bisa menyaksikan koleksi dari museum ini yang berupa berbagai macam benda yang memiliki kaitan dengan kebaharian atau kelautan. Koleksi yang dimiliki oleh Museum Bahari ini jumlahnya mencapai kurang lebih 1835 buah yang terdiri dari berbagai benda kelautan yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia dari ujung barat hingga ke ujung timur, benda benda koleksi ini terbagi menjadi beberapa kategori untuk memudahkan pengunjung yang ingin menyaksikan.

Apabila Anda adalah seorang yang tertarik dengan sejarah kelautan di Indonesia maka Anda bisa mengunjungi Museum Bahari yang memiliki koleksi berbagai benda bersejarah.

0 comments:

Posting Komentar