About

Travelesgo adalah blog info mengenai wisata domestik dan mancanegara. Travelesgo, Travelling Kemana Saja, Kapan Saja, Lesgo !

Keajaiban Teluk Mayalibit di Raja Ampat Yang Mengagumkan


              Bumi Papua memang identik dengan misteri dan keaslian alamnya yang sekarang kini masih terjaga dengan baik. Kekayaan tumbuhan dan juga hewan serta keindahan penoramanya menjadikan siapa saja rela untuk menjelajahi rute perjalanan yang cukup sulit itu.

               Ya, teluk mayalibit ialah salah satu dari sudut yang menampilkan kelebihan dari alam Papua yang eksotis. Mayalibit ini ialah gabungan dari kata “ma’ya” dan “libit”, yang mana ma’ya ialah orang yang tengah bermigrasi ke wilayah ini, sementara untuk kata libitnya sendiri dengan kata lain adalah teluk. Kawasan ini memang paling unik, karena mempunyai struktur teluknya yang mengisolasi sejumlah air laut yang terdapat di daerah bermulut sempit, sekitar 350 meter. Hal itu yang menjadi penyebab pertukaran massa air tidak terjadi sebagaimana seharusnya. Ketika pasang surut laut, maka akan terbentuk suatu arus yang paling deras sekali di pintu masuk teluk.

               Air yang bergolak berebutan ini mengalir diantara celah teluk. Yang mana situasi ini dapat menyebabkan biota yang menghuni teluk ikut menyesuaikan diri. Kondisi perairan yang menarik dan bertolak belakang di ligkungan yang tertutup sampai seperti sebuah telaga air laut yang telah diblokade batuan karst adalahsalah satu fakta kenapa teluk ini patut dilindungi.



Hal menarik di teluk mayalibit Raja Ampat

               Hasil riset telah menyimpulkan bahwa teluk Mayalibit ini merupakan salah satu lokasi wisata yang berpotensi di bidang perikanan, yaitu penghasil ikan lema, teripang, dan udang ebi. Cara untuk mendapatkan ikan yang tradisional mempunyai andil yang lumayan besar sekali di dalam melindungi kelestarian teluk ini. Hal tersebut terlihat dari bagaimana nelayan daerah Warsambin dan Lopintol dalam mendapatkan ikan lema atau yang seringkali disebut dengan balobe ikan lema. Yang mana mereka memakai perahu dayung yang berukuran 3 sampai 4 meter, dayung, lampu petromak dan penutup lampu serta serok atau juga tanggul yang mereka pakai untuk dapat menangkap ikan lema.
              
               Nah, sama seperti tempat-tempat lain yang terdapat di Raja Ampat, di teluk Mayalibit Anda juga dapat menyalurkan kegemaran snorkeling dan diving. Perairannya yang masih cukup alami tengah menjanjikan keindahan bawah laut yang paling menakjubkan. Di samping dengan keindahan alamnya yang sangat memukau tersebut, kehidupan suku dan juga kebiasaan asli masyarakat setempat pun jadi pesona tersendiri untuk para wisatawan yang datang ke lokasi tersebut.

               Demikianlah tadi daya tarik teluk Mayalibit di Raja Ampat yang dapat kami informasikan, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

0 comments:

Posting Komentar