About

Travelesgo adalah blog info mengenai wisata domestik dan mancanegara. Travelesgo, Travelling Kemana Saja, Kapan Saja, Lesgo !

Pantai Sawarna - Mutiara dari Banten

Sawarna telah hadir sebagai salah satu lanskap keindahan alam yang mulai dikenal. Sebelumnya, kawasan hutan pantai ini dianggap angker dan disebut sebagai desa siluman. Namun, kondisi itu sudah berubah. Kampung Gendol, Desa Sawarna, Bayah, Lebak – Banten ini kini sudah menjadi daerah tujuan wisata yang kerap dikunjungi oleh turis dari mancanegara dan domestik.



Pantai Sawarna Banten berpasir putih bersih, lautnya biru jernih dan terletak diantara bukit hijau yang segar, menghadap langsung ke Samudera Indonesia. Ada sebuah desa wisata sekarang di pesisir pantai ini, namanya Desa Wisata Sawarna yang ditetapkan sebagai desa wisata binaan sejak tahun 2000 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banten.

Disini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam, berperahu di laut, memancing, juga menyelam dan berselancar (diving dan surfing: peralatan harus disediakan sendiri).

Berbagai penginapan (homestay) yang dikelola swadaya oleh penduduk setempat juga semakin banyak pilihannya, biasanya harga per malam antara Rp. 150 rb - Rp. 250 rb. Tidak ada hotel disini karena pemerintah daerah ingin memberi kesempatan pada penduduk lokal untuk mengurus sendiri pariwisatanya.

Mencapai Sawarna bisa kita lakukan melalui jalan darat. Rute yang diambil dari Jakarta adalah menuju Tangerang, lalu Rangkasbitung – Malingping – Bayah – Sawarna. Bila dari arah Bandung, bisa melalui Pelabuhan Ratu dan terus saja menyisir pantai menuju ke barat [Bandung - Pelabuhan Ratu - Bayah - Sawarna].

Pantai Sawarna bukan satu-satunya pilihan wisata disekitar sini lho! Masih banyak deretan pantai cantik lain disepanjang garis pantai ini, misal Pantai Ciantir, Tanjung Layar, Karang Bokor (disebut juga Pantai Cipamandangan dan ada lokasi hutan lindung milik Perhutani di pantai ini), Karang Taraje, dll. Selain itu, masih ada wisata goa yaitu Goa Lalay, Goa Sikadir, Simaul, Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil. Goa-goa di wilayah ini merupakan gue karst (batu gamping).


Pokoknya nih, wajib deh hukumnya buat kalian berwisata ke Pantai Sawarna Banten ini. Sepertinya meluangkan waktu selama dua malam akan jadi pilihan tepat agar kita bisa mengelilingi seluruh keindahan yang tersedia.

0 comments:

Posting Komentar