About

Travelesgo adalah blog info mengenai wisata domestik dan mancanegara. Travelesgo, Travelling Kemana Saja, Kapan Saja, Lesgo !

Danau Gunung Tujuh - Menikmati Keindahan Danau Air Tawar di Ketinggian Jambi

Danau gunung Tujuh, sesuai dengan namanya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yakni Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 meter), Madura Iron Mountain (2418 meter), Gunung Lumut (2.350 meter), Gunung Selasih (2.230 meter), Gunung Jar Panggang (2.469 meter) dan Gunung Tujuh (2735 meter).



Danau ini merupakan danau air tawar tertinggi di Asia Tenggara, karena terletak pada ketinggian 1950 meter di atas permukaan laut. Danau Gunung Tujuh adalah danau air tawar yang terbentuk oleh letusan Gunung Tujuh, sehingga membentuk kawah. Kawah ini adalah reservoir air hujan ke dalam lautan dari waktu ke waktu.

Untuk mencapai danau pengunjung harus mendaki selama 2 atau 3 jam dari resor Gunung Tujuh. Pada awal pendakian anda akan menyaksikan pemandangan Gunung Kerinci dan perkebunan sayur. Setelah itu jalan mulai mendaki dan berakar. Setelah mencapai puncak Gunung Tujuh, pengunjung harus menuruni gunung sekitar 10 menit. Namun, sesampainya di danau, semua rasa lelah akan langsung terbayar begitu menyaksikan keindahan Danau Gunung Tujuh Jambi.

Air danau yang jernih membuat para pengunjung akan langsung terangsang untuk mencelupkan kaki dan tubuh ke dalam danau. Pada sisi kiri danau terdapat aliran air menuju Air Terjun Gunung Tujuh. Sayangnya, jembatan untuk sampai ke sana rusak sehingga air terjun tak bisa dikunjungi.

Pada hari libur, banyak nelayan yang menyewakan perahunya untuk para wisatawan mengelilingi danau. Jika beruntung, pengunjung dapat menemukan bunga Edelweiss ungu yang tumbuh di seberang danau. Selain itu, tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berkemah pada akhir pekan.

Lokasi

Danau Gunung Tujuh, salah satu wisata alam yang terletak di kabupaten Kerinci, atau tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Akses

Untuk sampai ke objek wisata Danau Gunung Tujuh cukup jauh, jika dicapai dari Kota Jambi atau Padang. Ada 3 tahap perjalanan yang harus dilalui, yaitu
1.      Tahap pertama kita akan menuju ke Sungai Penuh yang dapat di tempuh melalui beberapa rute:
·         Rute Jambi menuju Sungai Penuh : dengan jarak tempuh sekitar 500 km atau kurang lebih 10 jam waktu perjalanan jika menggunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau mobil pribadi.
·         Rute Kota Padang menuju Tapan kemudian lanjut lagi ke Sungai Penuh : jarak tempuh sekitar 278 km atau sekitar 7 jam perjalanan menggunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau mobil pribadi.
·         Rute Kota Padang menuju Muaralabuh dan dilanjutkan ke Sungai Penuh : berjarak sekitar 211 km atau dapat ditempuh kurang lebih 5-6 jam, menggunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau mobil pribadi.

2.      Setelah sampai di Sungai Penuh perjalanan dianjutkan ke Kecamatan Kayu Aro atau tepatnya di Desa Pelompek dengan menggunakan angkutan umum, dengan jarak sekitar 50 km atau kurang lebih 1,5 jam.


3.       Untuk mencapai lokasi dari Desa Pelompek ke lokasi wisata Danau Gunung Tujuh Jambi, para wisatawan hanya cukup dengan berjalan kaki saja.

0 comments:

Posting Komentar